Kamis, 24 November 2011

Flow Chart


Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program. Gambar berikut adalah symbol flowchart yang umum digunakan.
  • 1 Simbol Proses
  • 2 Simbol Keputusan
Digunakan untuk penyeleksian kondisi di dalam program
  • 3 Simbol input / output data
Digunakan untuk mewakili input atau output data
  • 4 Simbol titik terminasi
Digunakan untuk awal atau akhir suatu program
  • 5 Simbol garis alir
Digunakan untuk menunjukkan arus dari suatu proses
Ikhtisar

Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses kompleks. Seperti jenis lain dari diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu pemirsa untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kelemahan, kemacetan, dan lain yang kurang-jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Dua jenis yang paling umum dari kotak dalam flowchart adalah:

     * Langkah pengolahan, aktivitas biasanya disebut, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
     * Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.





Sebuah flowchart digambarkan sebagai "lintas-fungsional" saat halaman dibagi menjadi swimlanes yang berbeda menggambarkan kontrol unit organisasi yang berbeda. Sebuah simbol muncul dalam "jalur" khusus dalam kontrol dari unit organisasi. Teknik ini memungkinkan penulis untuk mencari tanggung jawab untuk melakukan tindakan atau membuat keputusan dengan benar, menunjukkan tanggung jawab setiap unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari sebuah proses tunggal.




Flowchart menggambarkan aspek-aspek tertentu dari proses dan mereka biasanya dilengkapi dengan jenis lain dari diagram. Sebagai contoh, Kaoru Ishikawa diagram alur didefinisikan sebagai salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas, di samping histogram, diagram Pareto, periksa lembar, peta kendali, sebab-akibat diagram, dan diagram pencar [2]. Demikian pula, dalam UML, konsep notasi pemodelan standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis flowchart, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.

Nassi-Shneiderman diagram merupakan notasi alternatif untuk aliran proses.

Nama alternatif umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, diagram proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram alir bisnis.

Sejarah

Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "aliran proses diagram", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Grafik-Langkah Pertama di Menemukan Satu Cara Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke dalam kurikulum teknik industri. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada Pertemuan Kerja Penyederhanaan di Lake Placid, New York.

Lulusan 1944 dari kelas Mogensen yang, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Ubah Metode. Lain lulusan 1944, Ben S. Graham, Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan pengembangan tentang bagan proses multi-aliran untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka [3]. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Grafik Proses.


Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. akun kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM dan oleh ingatan pribadi Goldstine itu .Para pemrograman asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan yang tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya-karya von Neumann dikumpulkan.
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap ekstensi dari flowchart tersebut. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika terminal komputer interaktif dan ketiga-generasi bahasa pemrograman menjadi alat-alat umum perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam bahasa tersebut, dan juga karena algoritma merancang menggunakan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk GOTOs untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.
Simbol

Sebuah flowchart tua khas dari buku teks ilmu komputer dasar mungkin memiliki jenis berikut simbol:

Mulai dan akhiri simbol
    Direpresentasikan sebagai lingkaran, oval atau persegi panjang bulat, biasanya yang berisi kata "Start" atau "End", atau frasa lain sinyal awal atau akhir dari sebuah proses, seperti "submit penyelidikan" atau "menerima produk".

Panah
    Menampilkan "aliran kontrol". Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain yang mengontrol mewakili lolos ke simbol panah menunjuk ke.

Generik langkah-langkah pengolahan
    Direpresentasikan sebagai persegi panjang. Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "mengganti bagian diidentifikasi"; "menyimpan perubahan" atau mirip.








Subrutin
    Direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan ganda-memukul sisi vertikal; ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah pengolahan yang kompleks yang dapat rinci dalam diagram alur terpisah. Contoh: Proses-file. Satu subrutin mungkin memiliki beberapa entry point yang berbeda atau arus keluar (lihat coroutine), jika demikian, ini ditampilkan sebagai label 'sumur' di persegi panjang, dan panah kontrol terhubung ke ini 'sumur'.




Input / Output
    Direpresentasikan sebagai genjang. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.

Siapkan bersyarat
    Direpresentasikan sebagai segi enam. Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek selain mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya (lihat di bawah).

Bersyarat atau keputusan
    Direpresentasikan sebagai berlian (belah ketupat) menunjukkan di mana keputusan yang diperlukan, umumnya suatu Ya / Tidak ada pertanyaan atau tes Benar / Salah. Simbol kondisional adalah aneh dalam hal ini memiliki dua panah keluar dari itu, biasanya dari titik bawah dan titik yang tepat, sesuai dengan Ya atau Benar, dan satu yang sesuai ke Tidak atau False. (Tanda panah harus selalu diberi label.) Lebih dari dua panah dapat digunakan, tetapi ini biasanya merupakan indikator yang jelas bahwa sebuah keputusan yang kompleks sedang diambil, dalam hal ini mungkin perlu dipecah-turun lebih lanjut atau diganti dengan "pra -didefinisikan proses "simbol.

Persimpangan simbol
    Umumnya diwakili dengan gumpalan hitam, menunjukkan di mana arus kontrol beberapa berkumpul di aliran keluar tunggal. Sebuah simbol persimpangan akan memiliki lebih dari satu panah datang ke dalamnya, tetapi hanya satu akan keluar.
    Dalam kasus sederhana, satu hanya mungkin memiliki titik panah ke panah lain sebagai gantinya. Ini berguna untuk mewakili proses berulang-ulang (apa yang dalam Ilmu Komputer disebut lingkaran). Sebuah lingkaran mungkin, misalnya, terdiri dari konektor di mana kontrol pertama masuk, langkah-langkah pengolahan, bersyarat dengan satu panah keluar loop, dan satu akan kembali ke konektor.
    Untuk kejelasan tambahan, dimanapun dua garis silang sengaja dalam gambar, salah satu dari mereka dapat ditarik dengan setengah lingkaran kecil di atas yang lain, menunjukkan bahwa tidak ada persimpangan dimaksudkan.





Konektor berlabel
    Diwakili oleh sebuah label mengidentifikasi di dalam lingkaran. Konektor berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk pengganti panah. Untuk label masing-masing, "keluar" konektor harus selalu unik, tapi mungkin ada sejumlah konektor "masuk". Dalam kasus ini, sebuah persimpangan dalam aliran kontrol tersirat.

konkurensi simbol
    Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah panah masuk dan keluar. Simbol-simbol ini digunakan bila dua atau lebih aliran kontrol harus beroperasi secara bersamaan. Mengalir keluar diaktifkan bersamaan ketika semua arus masuk telah mencapai simbol konkurensi. Sebuah simbol konkurensi dengan arus masuk tunggal garpu, satu dengan aliran keluar tunggal adalah bergabung.

Hal ini penting untuk ingat untuk menjaga hubungan logis dalam rangka. Semua proses harus mengalir dari atas ke bawah dan kiri ke kanan.
Setiap program gambar dapat digunakan untuk membuat diagram flowchart, tetapi ini tidak akan memiliki data model yang mendasari untuk berbagi data dengan database atau program lain seperti sistem manajemen proyek atau spreadsheet. Beberapa alat menawarkan dukungan khusus untuk menggambar diagram alur. Banyak paket perangkat lunak ada yang dapat membuat diagram alur secara otomatis, baik secara langsung dari kode sumber, atau dari bahasa flowchart deskripsi. On-line berbasis Web versi program tersebut tersedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ATTENTION PLEASE!

Semua isi blog ini asli dari pemilik blog, bila anda menemukan sesuatu yang menurut anda negatif, mohon jangan di spam. silahkan kontak pemilik blog ini
http://www.facebook.com/alexandrasara3
atau, silahkan shout di ShoutMix

mohon maaf atas kata kata negatif di blog ini.